Assalamu’allaikum Wr.
Wb
Hai guys ketemu
lagi sama aku. Kali ini aku mau share materi BP3 yang aku dapat hari ini.
Materi kali ini
mengenai bisnis via online atau yang kita kenal dengan online shop.
Materi hari
ini dibawakan oleh Kak Dedy dari PEGAZUS online shop. Beliau tidak sendiri
beliau membawa 2 murid beliau yang juga menjadi rekan bisnis beliau yang sukses
dalam bidang bisnis online.
Beliau menceritakan
awal mula bisnis beliau yang dipublikasikan via FB.
Menurut beliau FB merupakan
tool yang sangat efektif untuk digunakan bisnis online karena beberapa hal
seperti :
1. FB merupakan “TREND” gaya hidup. Yang mana banyak sekali masyarakat yang menggunakan FB sebagai alat komunikasi masa kini.
2.Komunitas besar dalam FB. Didalam FB terdapat banyak sekali penggunanya dan digunakan oleh masyarakat global. Sehingga link yang banyak dapat diperoleh dalam komunitas FB.
3.Intergreetas. Pengguna FB digunakan oleh semua kalangan masyarakat.
4.Tidak berbayar. Dalam FB kita dapat mengiklankan produk kita secara mudah dan tanpa syarat.
Beliau juga
menyampaikan 4 langkah jitu bisnis Online
1. Riset. Sebelum membuka bisnis seharusnya kita kenali dulu kebutuhan konsumen dan segmen pasar. Dengan begitu kita mudah menentukan bisnis apa yang cocok untuk dilaksanakan.
2. Buat email. Buatlah email atau biodata profil perusahaan. Agar bisnis kita dikenal khalayak. Seperti membuat banner atau papan nama.
3. Buat FB / Instagram / media sosial lainnya. Seperti halnya kita membuka lapak usaha kita.
4. Optimasi. Setelah kita memiliki akun FB maka kita harus optimal dalam pemakaiannya.,
1. Riset. Sebelum membuka bisnis seharusnya kita kenali dulu kebutuhan konsumen dan segmen pasar. Dengan begitu kita mudah menentukan bisnis apa yang cocok untuk dilaksanakan.
2. Buat email. Buatlah email atau biodata profil perusahaan. Agar bisnis kita dikenal khalayak. Seperti membuat banner atau papan nama.
3. Buat FB / Instagram / media sosial lainnya. Seperti halnya kita membuka lapak usaha kita.
4. Optimasi. Setelah kita memiliki akun FB maka kita harus optimal dalam pemakaiannya.,
Murid beliau
memberikaan materi mengenai entrepreneur yang mana beliau menjelaskan cara
mengenali segmen pasar. Ada 4 segmen pasar yang dikenal oleh masyarakat yaitu
1. Baby Boomer dimana konsumen diusia 50-70
2. X dimana konsumen diusia 40-60
3. Y dimana konsumen diusia 20
4. Z dimana konsumen diusia 14-20
Kita harus mampu
menggolongkan segmen pasar kita untuk menentukan barang apa yang kita jual.
Beliau juga
menyampaikan bahwa youtube juga dapat kita gunakan sebagai tool marketing. Untuk
menarik konsumen dalam marketing youtube harus menggunakan judul yang menarik.
Dalam penutupan
kuliah tamu hari ini dapat disimpulkan bahwa kita dapat menggunakan media
sosial sebagai sumur untuk berjualan.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar